Upaya Kesehatan

Posted: Januari 7, 2009 in Undang-Undang Kesehatan

Macam-macam upaya kesehatan yang terkait dengan tugas seorang asisten apoteker adalah sebagai berikut:

1. Pengamanan Sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan

Pengamanan sediaan farmasi dan alat kesehatan diselenggarakan untuk melindungi masyarakat dari bahaya yang disebabkan oleh penggunaan sediaan farmasi dan alat kesehatan yang tidak memenuhi persyaratan mutu/keamanan/kemanfaatan. Sediaan farmasi yang berupa obat dan bahan obat harus memenuhi syarat farmakope Indonesia atau buku standar lainnya. Standar untuk obat tradisional adalah buku Materia Medika. Standar untuk kosmetika adalah buku Kodeks Kosmetika Indonesia.

2. Pengamanan Zat Adiktif

Pengamanan penggunaan bahan yang mengandung zat adiktif agar tidak mengganggu dan membahayakan kesehatan perorangan,keluarga, masyarakat, dan lingkungannya. Bahan yang mengandung zat adiktif adalah bahan yang penggunaannya dapat menimbulkan kerugian bagi dirinya atau masyarakat sekelilingnya.

3. Pengobatan Tradisional

Pengobatan tradisional merupakan salah satu upaya pengobatan/perawatan cara lain diluar ilmu kedokteran/ilmu keperawatan. Pengobatan tradisional mencakup cara,obat dan pengobatannya yang mengacu kepada pengalaman dan keterampilan, baik yang asli maupun yang berasal dari luar Indonesia.

4. Pengamanan Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman yang dikemas adalah makanan dan minuman hasil produksi perusahaan yang tergolong industri berskala besar dan tidak termasuk hasil industri kecil atau industri rumah tangga.

Setiap makanan dan minuman yang dikemas wajib diberi tanda atau label yang berisi :

a. nama dagang

b. nama jenis makanan

c. berat bersih/netto

d. nama dan alamat pabrik yang membuat

e. komposisi

f. tanggal,bulan dan tahun kadaluwarsa, dimaksudkan agar makanan dan minuman yang bersangkutan digunakan sebelum tanggal, bulan dan tahun yang dicantumkan dalam label.

g. Lain-lain misalnya pencantuman tulisan dan logo halal.

Pemberian tanda atau label dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar tentang isi dan asal bahan yang dipakai..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s